Resep Pempek Cara Membuat Pempek Paling Lezat

Resep Pempek: Cara Membuat Pempek Paling Lezat

Resep Pempek: Cara Membuat Pempek Paling Lezat – Apa itu Pempek? Pempek adalah nama lelaki tua Tionghoa yang menemukan ikan dan kue tapioka ini di Palembang, Sumatera Selatan, lebih dari seabad yang lalu.

Pempek adalah makanan Palembang yang paling terkenal, dan terdiri dari ikan dan tepung sagu dan disajikan dengan saus kental berwarna gelap yang dikenal sebagai cuko, yang berarti “saus pekat”. Cuko dibuat dengan menambahkan gula merah, cabai, bawang putih, cuka, dan garam ke dalam air mendidih dan dimasak dalam waktu lama.

Pempek, juga dikenal sebagai Mpek-mpek, adalah makanan lezat dari Palembang, di provinsi Sumatera Selatan, Indonesia. Ini terdiri dari ikan dan tepung sagu dan disajikan dengan saus kental berwarna gelap yang dikenal sebagai cuko, yang berarti “saus hitam”.

Cuko dibuat dengan menambahkan gula merah, cabai, bawang putih, cuka, dan garam ke dalam air mendidih dan dimasak dalam waktu lama.

Pempek hadir dalam berbagai warna dan bentuk. Yang paling terkenal adalah Pempek Kapal Selam (bahasa Indonesia: “kapal selam”), yang dibuat dengan membungkus telur ayam dalam adonan Pempek dan menggorengnya sampai berwarna cokelat keemasan.

Jika dilihat dari kandungan vitamin dan proteinnya, pempek jenis ini adalah yang paling menyehatkan karena mengandung nutrisi yang cukup banyak. Pempek adalah makanan khas asli yang dapat ditemukan di hampir setiap jalan di Palembang, yang dianggap sebagai makanan pokok.

Menurut beberapa catatan, Pempek telah berdiri sendiri di Palembang pada abad ke-16, ketika para pelancong Cina pertama kali tiba di wilayah tersebut.

Di dekat Sungai Musi hiduplah seorang Apek (istilah Cina untuk seorang lelaki tua), yang hidup pada tahun 1617 dan meninggal pada tahun 1618. Ia melihat banyak sekali ikan yang ditangkap oleh nelayan setempat dan memutuskan untuk menyelidiki lebih lanjut.

Selama periode itu, mayoritas orang hanya memasak atau memanggang ikan mereka. Hal ini mendorong lelaki tua Tionghoa itu untuk bereksperimen dengan resep yang berbeda, termasuk menambahkan daging ikan bersama tepung sagu dan rempah-rempah lainnya dan kemudian menjualnya di sekitar desa dengan sepedanya.

Pria tua ini disebut sebagai “pek-apek” oleh penduduk setempat. Empek-empek (juga dikenal sebagai Pempek Palembang) adalah nama yang diberikan untuk hidangan ini hari ini.

Saya tidak dapat membuatnya karena kekurangan komponen tertentu, tetapi saya akhirnya berhasil. Resep terbaik saya terima dari kontak Facebook yang berasal dari Palembang dan membagikannya kepada saya. Dia cukup murah hati untuk membagikan resep keluarganya.

Saya menggunakan tepung tapioka untuk tepung sagu, dan untuk cuko, saya menggunakan asam daripada cuka untuk memberikan rasa asam daripada cuka.


Resep Pempek: Cara Membuat Pempek Paling Lezat

Resep Pempek Cara Membuat Pempek Paling Lezat
Print

Resep Pempek: Cara Membuat Pempek

Resep Pempek: Cara Membuat Pempek Paling Lezat – Apa itu Pempek? Pempek adalah nama lelaki tua Tionghoa yang menemukan ikan dan kue tapioka ini di Palembang, Sumatera Selatan, lebih dari seabad yang lalu.
Pempek adalah makanan Palembang yang paling terkenal, dan terdiri dari ikan dan tepung sagu dan disajikan dengan saus kental berwarna gelap yang dikenal sebagai cuko, yang berarti “saus pekat”. Cuko dibuat dengan menambahkan gula merah, cabai, bawang putih, cuka, dan garam ke dalam air mendidih dan dimasak dalam waktu lama.
Course Soup
Cuisine Indonesian
Keyword Pempek Palembang, Resep Pempek, Resep Pempek Palembang
Prep Time 30 minutes
Cook Time 1 hour
Servings 4 Porsi
Calories 39kcal
Cost Rp100000

Equipment

  • Kompor
  • Teflon

Ingredients

Bahan Utama Pempek Palembang

  • 200 gram tepung tapioka
  • 500 ml minyak untuk menggoreng
  • 4 butir kuning telur ayam

Adonan Pempek Palembang

  • 500 gram filet ikan tenggiri haluskan
  • 30 gram tepung terigu
  • 1 sdt bawang putih bubuk
  • 400 gram tepung tapioka
  • 1 sdm Kaldu Ayam
  • 220 ml air es

Saus Cuko

  • 500 ml air
  • 6 sdm Kecap Manis
  • 30 gram asam jawa
  • 7 buah cabai rawit haluskan
  • 250 gram gula merah
  • 2 sdm cuka masak
  • 1 sdt garam
  • 5 siung bawang putih haluskan

Pelengkap

  • 1 buah mentimun potong segitiga tipis
  • 100 gram mi telur rebus lalu tiriskan

Instructions

Cara Membuat Saus Cuko Pempek Palembang

  • Dalam panci besar, gabungkan gula, garam, air, cuka, dan pasta asam dan didihkan dengan api besar. Masak sampai gula benar-benar larut. Dengan menggunakan saringan, saring campuran. Didihkan kembali panci dan didihkan selama satu menit lagi setelah menambahkan bawang putih dan cabai. Saus cuko adalah hidangan asam, manis, dan pedas.
    Resep Pempek Cara Membuat Pempek Paling Lezat

Siapkan Adonan Pempek

  • Porsi kecil ikan harus dipotong dari ikan utuh. Bekukan selama sekitar 40 menit di dalam freezer. Mereka harus sedikit dibekukan sebelum digunakan. Campurkan dengan garam, gula, dan bubuk ayam dalam blender sampai halus. Buat pasta halus dengan mencampurkan bahan-bahannya.
    Resep Pempek Cara Membuat Pempek Paling Lezat
  • Keluarkan campuran dari food processor dan tempatkan dalam mangkuk besar. Campurkan tepung tapioka dan tepung serbaguna dalam mangkuk. Uleni adonan sampai hanya sedikit lengket saat disentuh, tetapi tidak terlalu lengket saat disentuh. Jika adonan terlalu lengket, tambahkan sedikit tepung serbaguna, tapi jangan terlalu banyak.
    Resep Pempek Cara Membuat Pempek Paling Lezat

Cicipi Rasanya

  • Siapkan panci besar berisi air dengan merebusnya. Rebus sedikit adonan pempek dan sedikit air hingga adonan benar-benar matang. Ambil bau itu. Jika Anda yakin adonan membutuhkan tambahan garam atau gula, tambahkan ke adonan dan uji lagi sampai Anda puas dengan rasanya.
    Resep Pempek Cara Membuat Pempek Paling Lezat

Mulai Bentuk Adonan Pempek

  • Bentuk apa pun yang ingin Anda berikan kepada pempek sepenuhnya terserah Anda. Untuk membuat pempek lenjer, Anda bisa membentuknya menjadi balok, pempek gepeng, atau pempek kapal selam (biasanya dengan isian telur di dalamnya). Alih-alih menaburkan lebih banyak tepung selama proses pembentukan, saya mengusulkan untuk mengoleskan minyak ke telapak tangan Anda. Jumlah tepung yang Anda gunakan akan menentukan seberapa keras pempek tersebut.
    Resep Pempek Cara Membuat Pempek Paling Lezat
  • Untuk mengisi pempek dengan telur, pecahkan dua telur ke dalam wadah dengan cerat dan sisihkan (untuk memudahkan hidup Anda). Dengan menggunakan garpu atau pengocok, kocok telur dengan ringan. Adonan pempek harus dibentuk menjadi seperti mangkuk, lalu tuangkan sebagian telur kocok dengan hati-hati. Usahakan jangan terlalu banyak mengisi adonan (setidaknya tidak pada percobaan pertama), atau Anda akan kesulitan menyegel adonan bersama-sama setelah kering. Setelah itu, dengan hati-hati mendempul tepi di tempatnya. Pempek akan mengambil bentuk kapal selam dalam kekasaran (kapal selam).
    Resep Pempek Cara Membuat Pempek Paling Lezat

Rebus Adonan Pempek

  • Untuk merebus kembali panci besar berisi air yang Anda mulai sebelumnya, didihkan kembali. Masukkan pempek ke dalam air panas dengan hati-hati setelah dicetak. Jangan mengeluarkannya dari air sampai muncul ke permukaan. Terlepas dari kenyataan bahwa mereka telah naik ke permukaan air, mereka biasanya tidak sepenuhnya matang (saya telah belajar pelajaran saya). Ini juga bervariasi tergantung pada ukuran pempek. Anda harus mengambil satu dan memotongnya untuk melihat apakah bagian dalamnya sudah matang.
    Resep Pempek Cara Membuat Pempek Paling Lezat
  • Biarkan pempek hingga benar-benar dingin sebelum melanjutkan menggoreng.
    Resep Pempek Cara Membuat Pempek Paling Lezat

Siapkan Penyajian Pempek Palembang

  • Panaskan sekitar 2-3 inci minyak dalam panci berat di atas kompor. Segera setelah minyak panas, kecilkan api menjadi sedang-rendah. Goreng pempek sampai berwarna cokelat keemasan setelah disiapkan. Pastikan pot tidak terlalu penuh. Disarankan untuk melepas item dan meletakkannya di atas handuk kertas penyerap.
    Resep Pempek Cara Membuat Pempek Paling Lezat
  • Anda juga dapat menggunakan penggorengan udara untuk memasak makanan Anda. Saya melapisi pempek dengan sedikit minyak sebelum memasukkannya ke dalam keranjang penggorengan udara dan menggorengnya pada suhu 350 derajat Fahrenheit (180 derajat Celcius) selama sekitar 5 menit, atau sampai warnanya agak cokelat keemasan. Waktu hanyalah pedoman; waktu sebenarnya akan bervariasi tergantung pada alat penggoreng udara Anda. Meskipun mereka tidak akan memiliki kecokelatan yang sama seperti jika digoreng, bagian luarnya yang renyah harus tetap ada. Ini akan diselesaikan dalam banyak batch.
    Resep Pempek Cara Membuat Pempek Paling Lezat

Siapkan dan Sajikan Pempek Palembang

  • Kurangi ukuran pempek dengan memotongnya menjadi potongan-potongan kecil. Kubus mentimun segar harus ditambahkan. Anda bisa membuatnya menjadi makan malam yang lengkap dengan menambahkan mie kuning matang atau mie kacang hijau (soun), taburi saus cuko dan sajikan segera.
    Resep Pempek Cara Membuat Pempek Paling Lezat

Video

Notes

Pempek, makanan khas Palembang, Sumatera Selatan, sangat populer di seluruh Indonesia bahkan luar negeri. Makanan yang satu ini memang punya ciri khas dan cita rasa tersendiri, apalagi bila Anda berhasil membuatnya sendiri di rumah dengan mengikuti resep pempek Palembang yang ada di artikel ini.

Resep Pempek: Cara Membuat Pempek Paling Lezat – Apa itu Pempek? Pempek adalah nama lelaki…

Comments

Exit mobile version